Tips Keren Inspirasi RumaH ADAT JAWA jenis dan model contoh

Rumah Adat Jawa : Jenis dan Keunikannya

Posted on

Rumah Adat Jawa — Bicara mengenai rumah adat di Jawa Tengah, maka kita tidak bisa lepas dari rumah joglo. Rumah Joglo merupakan Rumah Adat Jawa Tengah yang memang paling populer. Hal ini disebabkan karena Rumah Joglo sering dikaitkan dengan rumah dengan gaya klasik dan mewah bagi suku Jawa. Akan tetapi ternyata selain Rumah Joglo ada banyak lagi jenis rumah khas dari Jawa yang sesungguhnya bisa kita temukan. Bagi Anda yang penasaran dengan rumah-rumah khas yang ada di Jawa ini Berikut ini adalah ulasannya.

Rumah Adat Jawa : Jenis dan Keunikannya

Rumah Joglo

rumah-joglo-jogja
Sumber Gambar: agoda.com

Rumah Joglo merupakan salah satu jenis rumah khas dari Jawa yang sangat populer terutama di area Jawa Tengah. rumah khas ini memiliki konstruksi dari bahan kayu yang sangat menawan sehingga sangat populer dan banyak di adaptasi ke dalam banyak rumah modern. Biasanya Rumah Joglo ditandai dengan atapnya berupa atap joglo dan juga bagian depan rumah yang dipasangi dengan pendopo.

Rumah Joglo bisa dibilang merupakan sebuah rumah yang mirip dengan Rumah Adat Suku Batak yang rumahnya dibagi menjadi bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Pada Rumah Joglo Salah satu bagian yang paling terkenal adalah bagian pendopo. bagian ini merupakan sebuah ruangan yang dibuat tanpa sekat-sekat.

Biasanya bagian pendopo terletak di bagian depan rumah seperti yang telah disebutkan sebelumnya. area rumah ini merupakan area yang biasanya digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara penting di dalam sebuah lingkungan, seperti acara tari-tarian gamelan dan juga pertunjukan wayang. Karena merupakan sebuah karya yang digunakan untuk pertemuan, maka sudah pasti bagian pendopo ini merupakan bagian yang tidak memiliki sekat.

Hal lain yang cukup menarik dari Rumah Joglo ini juga bisa dilihat dari bagian atapnya bagian atap dari Rumah Joglo terbuat dari kayu kayu yang disusun untuk menyangga bagian atap. untuk bahan pembuatan atapnya sendiri Rumah Joglo ini dibuat dengan menggunakan atap tanah liat yang dahulu biasanya dibuat oleh warga sekitar.

Keunikan lain yang dimiliki oleh rumah khas Jawa yang berasal dari Jawa Tengah dan juga Jogjakarta ini adalah dari bentuk atapnya. bentuk atap yang dimiliki oleh Rumah Joglo memiliki kesan yang mewah karena dibuat dengan tinggi yang menjulang. Meskipun tinggi dari atap Rumah Joglo ini tidak seperti Rumah Adat Sulawesi Selatan yaitu Rumah Tongkonan. akan tetapi rumah khas dari Yogyakarta dan Jawa Tengah ini memang memiliki bagian atap yang sangat menarik.

Rumah Adat Sunda

rumah adat sunda sederhana
Sumber: romadecade.org

rumah adat suku Jawa yang selanjutnya akan dibahas adalah rumah khas yang berasal dari Jawa Barat. rumah khas ini disebut dengan Rumah Khas Sunda. Rumah Khas Sunda adalah rumah khas yang penampilannya cukup menarik. Rumah Khas Sunda merupakan rumah khas yang biasanya dibuat dengan model rumah panggung. Rumah ini bisa ditemukan dalam banyak varian, hal ini disebabkan karena Rumah Khas Sunda dibagi menjadi beberapa jenis lagi berdasarkan dengan model atap yang dimilikinya.

Rumah khas dari Jawa Barat yaitu Rumah Khas Sunda ini merupakan salah satu jenis rumah khas Jawa yang paling sedikit dikenali. Hal ini disebabkan karena Rumah Khas Sunda ini memang sudah jarang ditemukan. Selain itu karena bentuknya yang berupa rumah panggung Rumah Khas Sunda ini menjadi lebih mirip dengan rumah adat yang berada di berasal dari luar pulau Jawa yaitu seperti Rumah Adat Sulawesi Utara.

Bukan hanya mirip dengan rumah khas dari Sulawesi Utara, Rumah Khas Sunda juga cukup mirip dengan bangunan Rumah Adat Sulawesi Tengah. Hal inilah yang menyebabkan Rumah Khas Sunda ini tidak banyak diperhatikan dan dikenali sebagai Rumah Khas dari suku Jawa.

Rumah Kebaya

Rumah-Kebaya rumah-adat-betawi-
sumber gambar : www.romadecade.org/

Rumah Khas selanjutnya akan kami bahas adalah Rumah Kebaya. Rumah Kebaya merupakan sebuah Rumah Khas yang berasal dari area Jakarta. Rumah Khas ini merupakan sebuah rumah yang dimiliki oleh masyarakat Betawi. Penamaan dari rumah kebaya diambil dari bentuk atap yang dimiliki oleh rumah tersebut. Rumah Kebaya disebut dengan demikian karena model atap yang dimilikinya adalah model atap pelana. Jika anda melihat Rumah Khas ini dari samping, maka anda bisa melihat bentuk atapnya menyerupai bentuk kebaya.

Selain memiliki Rumah Khas bernama Rumah Kebaya, suku Betawi juga memiliki beberapa rumah adat dan asalnya juga dari Jakarta. Rumah khas dari suku Betawi yang bisa ditemukan di area Jakarta tersebut antara lain adalah Rumah Joglo dan juga rumah gudang. rumah adat joglo berasal dari area Jawa Tengah akan tetapi Rumah Joglo ternyata juga bisa ditemukan di area Jakarta dengan sedikit perbedaan. Meskipun memiliki 3 jenis Rumah Khas, akan tetapi Rumah Khas yang paling populer dari masyarakat Betawi adalah Rumah Kebaya seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Rumah Baduy

rumah adat baduy
Foto: Instagram/@rimacahayaaini

Salah satu rumah adat yang bisa ditemukan di area Pulau Jawa adalah Rumah Baduy. seperti namanya, Rumah Baduy merupakan sebuah rumah yang dimiliki oleh suku Baduy. suku Baduy merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang tidak terbuka dengan perkembangan zaman. Hal inilah yang menyebabkan tidak banyak teknologi yang bisa ditemukan di tempat tersebut hingga hari ini.

Bahkan hingga saat ini masih banyak kita temukan saudara kita dari suku Baduy yang berjalan-jalan di beberapa daerah perkotaan tanpa menggunakan alas kaki. Konon katanya, suku Baduy akan tidak menggunakan alat transportasi sehingga mereka berjalan kaki dari desa mereka ke kota-kota besar di sekitar mereka.

Karena tidak mau bersinggungan dengan teknologi, maka hingga hari ini masih ada banyak rumah khas dari suku Baduy yang masih memiliki bentuk tradisional. Rumah adat dari suku Baduy yang memiliki bentuk tradisional ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alam, mulai dari kayu, ijuk, anyaman bambu dan bahan-bahan lainnya.

Meski dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alam akan tetapi Rumah Baduy biasanya memiliki kelebihan dari segi kekuatannya. Meskipun dibangun tanpa menggunakan besi, bahan kayu tiang yang digunakan oleh suku Baduy di rumahnya terbuat dari bahan kayu yang kuat. Hal inilah yang menyebabkan masih banyak orang Baduy yang mempertahankan pembangunan rumah mereka dengan menggunakan bahan alam seperti yang dilakukan pada pembangunan Rumah Adat Papua Barat.

Rumah Joglo Situbondo

rumah adat joglo situbondo
sumber gambar : seringjalan.com

Jenis Rumah Khas yang lain yang bisa kita temukan di area Jawa adalah Rumah Joglo Situbondo. Rumah Joglo Situbondo merupakan Rumah Khas yang berasal dari Jawa Timur. Rumah Khas ini banyak ditemukan di daerah Situbondo bentuknya memang cukup mirip dengan Rumah Khas joglo yang berasal dari Jawa Tengah dan juga Jogjakarta. bedanya Rumah Khas Situbondo memiliki daya tarik dari segi nilai artistik yang dimilikinya.

Rumah Joglo Situbondo sesungguhnya merupakan rumah yang memiliki konsep sederhana. hal ini dibuktikan dengan ukurannya yang tidak terlalu besar seperti rumah-Rumah Joglo yang ada di Jawa Tengah dan juga Jogjakarta yang identik dengan bagian teras yang luas seperti halnya Rumah Adat Sulawesi Barat. Meskipun tidak dibangun dengan nilai kemewahan akan tetapi, Rumah Joglo Situbondo merupakan rumah yang dibangun dengan nilai seni yang tinggi. Hal inilah yang membuat rumah khas ini menjadi salah salah satu rumah adat yang istimewa.

 

Gravatar Image
Seorang Penulis dan Calon Insinyur yang masih mengenyam studi sipir dan arsiterktur rumah di Negri Paman sam. Ingin lebih dekat silahkan mampir ke facebook aku: Insinyur RUmah minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *